Selasa, 02 April 2013

Wisata Tanjung Jabung Timur

       Kabupaten Tanjung Jabung Timur ibukotanya Muara Sabak terletak kurang lebih 90 km dari Kota Jambi dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

OBJEK WISATA ALAM
      Objek wisata alam yang menjadi andalan kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah sebagai berikut.
 
Taman Nasional Berbak
wisata tanjung jabung timur   TNB merupakan kawasa  konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara dengan luas 150.000. ha. Yang terdiri dari hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia.
          Berbak ditetapkan pertama kali menjadi kawasan konservasi suaka margasatwa pada masa pemerintahan Belanda dengan luas 190.000 ha. Kemudian pada tanggal 26 Februari 1992 telah dilakukan perubahan fungsi menjadi Taman Nasional SK.
          kawasan ini mempunyai potensi wisata alam yang bernilai tinggi karena dalam kawasan dapat dijumpai dan dinikmati antara lain.
  • Pemandangan alam hutan lahan basah > Pengamatan flora dan fauna (seperti raja udang, burung kipas atau monyet anggrek, palm, dan sebagainya).
  • Pemancingan ikan disungai
Pulau Berhala
wisata tanjung jabung
      Potensi wisata Kabupaten Tanjung Jabung Timur sekitar daerah penyangga TNB memiliki akses dengan Pulau Berhala. Untuk melihat panorama pantai pasir putih dan batuan vulkanik yang sangat indah. Untuk mencapai Pulau Berhala dibutuhkan waktu dua jam dari desa Sungai Lokan dengan menggunakan pompong, bila menggunakan speed boat dapat ditempuh dengan waktu 30-45 menit. waktu tempuh ini dipengaruhi oleh gelombang laut.
       Pulau yang luasnya kurang lebih 100 ha ini pada bagian barat mempunyai pantai yang landai dan berpasir putih. Dalam keadaan laut surut, Pulau berhala dapat dikelilingi dengan berjalan kaki dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Air Hitam Dalam
     Sungai Air Hitam dalam terletak di sungai Rambut yang merupakan anak sungai Berbak. Dapat dilayari dengan perahu sejauh 7 km. Objek dan daya tariknya adalah bersampan menyusuri Sungai Air Hitam Dalam sambil menikmati panorama sungai dan ecosystem estuary dan melihat satwa yang ada di kanan kiri sungai.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar